Kamus Shiping Pelayaran
Indonesia
A. = Alpha
·
Abaft =
buritan, di bagian belakang
·
Aboard =
Di (atas, dalam), berada di atas/dalam kapal, naik kapal.
· Abyss = That volume of ocean
lying below 300 fathoms from surface. Bagian dasar laut yang menyerupai jurang
ngarai yang sangat dalam, biasanya berada dalam kedalaman 300 mil.
· Accommodation Unit / Floatel =
Biasanya digunakan untuk menyelam atau seperti jackup (liat Jackup), dilengkapi
dengan kabin, fasilitas makanan dan kantor yang mampu menampung hingga 800
personel konstruksi atau operator platform lepas pantai. Sebuah unit akomodasi
biasanya juga dilengkapi dengan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.
· Adrift = Terapung-apung, hanyut
terkatung-katung. Berada dalam kondisi terapung di laut saat angin betiup
kencang dan pada saat pasang air laut, biasanya digunakan untuk menyebut orang
yang tidak berada pada tempatnya; meninggalkan tempat kerja.
· Aframax = Sebuah kapal tanker
yang memuat minyak dengan berat mati 75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini
digunakan untuk menjaga stabilitas ukuran dari “Aframax Tanker”, karena pada
beberapa tanker berat matinya lebih dari 125.000 ton atau bahkan kurang dari
70.000 ton.
· Against the Sun = Pergerakan yang
berlawanan dengan arah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini.
· AHTS = Anchor Handling Tug &
Supply, kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal
suplai.
· All Risks: Pertanggungan untuk
semua jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan karena sifat
barang sendiri, kehilangan kesempatan pasar dan risiko karena kerusuhan dan
peperangan.
· Alongside = Berada di samping
kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar = Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah.
Altar = Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah.
· Anchor Handling Tug (AHT) = Kapal
yang membawa tugas tertentu untuk proses operasional di laut seperti memasang
dan memindahkan jangkar, mengangkut alat-alat instalasi pengeboran bawah laut,
dsb. Kapal tersebut juga dapat berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay
kebutuhan (Anchor Handling Tug & Supply / AHTS).
· Anchor Ice = Es, dalam bentuk
apapun, yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.
· ANNUAL SURVEY = Inspeksi tahunan
yang dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan
kapal.
· Apeak = Kondisi dimana tali
pengait pada jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.
· A-stay = Kondisi tali pengait
jangkar pada saat bagian ujungnya yang bergerak kira-kira sama dengan sambungan
bagian depan yang diam.
· Astern = Mundur
· Athwart = Menyeberang. Transfer.
· A-trip = Kondisi dimana tali
pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.
· Avast = Permintaan untuk segera
berhenti, berhenti dari sebuah aksi.
·
Awash =
Terendam air, diliputi ombak.
B. =
Bravo
·
Ballast =
Pemberat pada kapal yang biasanya digunakan oleh kapal-kapal pengangkut kargo
setelah kargo tersebut dibongkar. Sehingga kapal tidak kehilangan keseimbangan
saat melaju tanpa muatan. Kapal kargo yang tanpa muatan biasanya memasukkan air
laut untuk pemberat, kondisi ini dinamakan “ballast”.
· Bar Taut = Kondisi tali saat
mengalami tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku.
· Bareboat Charter = Proses
peminjaman kapal kosong oleh penyewa berdasarkan perjanjian sewa-menyewa antara
pemilik kapal dan penyewa, dengan tarif sewa yang telah ditentukan. Pada saat
kapal tersebut disewa maka menjadi milik penyewa dan bertanggungjawab atas
segala biaya operasional kapal dan kru kapal serta asuransi kapal sampai batas
perjanjian selesai.
· Barque = Kapal layar dengan tiga
atau lebih tiang layar, yaitu tiang belakang yang dipasang pada haluan dan
buritan, dan tiang lainnya yang dipasang pada tengah kapal.
· Barquentine = Kapal layar dengan
tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yang dipasang pada bagian tengah
kapal dan tiang lannya yang dipasang pada haluan dan buritan.
· Barratry = Tindakan operasional
yang tidak sesuai dengan prosedur atau etika yang dilakukan secara sengaja oleh
nahkoda atau anak buah kapal tanpa sepengetahuan pemilik barang atau kapal, dan
menimbulkan kerugian baik bagi pemilik kapal maupun pemilik barang.
· Beams Ends = Keadaan kapal saat
garis geladaknya hampir berposisi vertikal karena terlalu lama dalam keadaan
diam.
· Bear Off = Menapiskan,
menjauhkan; perintah yang diberikan kepada awak kapal di bagian haluan untuk
menjauhkan kapal dari dinding dermaga atau obyek lainnya yang berada di sisi
kapal; perintah menjauhkan kapal dari obyek yang bergerak mendekat.
· Before the Mast = Sebutan untuk
seseorang yang telah lama berlayar; di depan tiang kapal.
· Belay = Istilah yang sering
digunakan pelaut yang menyatakan penangkapan, atau membatalkan, menghentikan
sesuatu; mengikat tali secara cepat dengan melilitkannya pada paku, atau obyek
lain.
· Bergy Bits = Pecahan dari es yang
berukuran kurang lebih seukuran rumah kecil, biasanya merupakan patahan dari
bongkahan glasier.
· Berth = Tempat di mana sebuah
kapal sedang ditambatkan atau diamankan; tempat di sekitar kapal yang dipasangi
jangkar atau yang akan dilempar jangkar; akomodasi terbagi dalam kapal;
perekrutan kru kapal; menempatkan kapal pada tempat yang diinginkan.
· Beset = Kondisi kapal saat
dikelilingi sepenuhnya oleh es.
Bleed the Monkey = Mencuri secara sembunyi-sembunyi isi dalam sebuah tong dengan membuat lubang kecil dan menyedot isinya.
Bleed the Monkey = Mencuri secara sembunyi-sembunyi isi dalam sebuah tong dengan membuat lubang kecil dan menyedot isinya.
· Boat = Kapal kecil yang biasanya
digunakan untuk mengangkut penumpang atau kegiatan lainnya dalam skala yang
kecil dan untuk jangkauan jelajah yang kecil pula.
· Bone = Busa yang terdapat pada
baling-baling kapal yang sedang bergerak yang biasanya jarang diketahui atau
diperhatikan.
· Booby Hatch = Penutup yang dapat
digerakan secara meluncur yang biasa terdapat pada kabin kapal kecil, ruang
penyimpanan, atau kantor kru kapal.
· Bound = Proses menuju tujuan tertentu
atau tempat yang spesifik.
· Bouse = Menghela atau menyeret
tali ke bawah. Sebenarnya ‘menghela’ berarti menarik ke atas, ‘menyeret’ berarti
menarik secara horizontal. Perpaduan kata ini berarti menarik tali ke bawah.
· Bowse = Menjatuhkan tali ke
bawah.
Brash = Pecahan es yang biasa terdapat di lautan dengan ukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.
Brash = Pecahan es yang biasa terdapat di lautan dengan ukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.
· Breach = Sebutan bagi gelombang
atau ombak yang menghantam kapal hingga rusak.
· Breast = Garis pemasangan jangkar
yang kurang lebih tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.
· Breast Rope = Tali jangkar yang
terpasang dari bagian haluan atau tengah kapal dengan sudut yang tepat terhadap
garis depan dan belakang kapal.
· Brig = Kapal dengan dua buah
tiang.
· Brigantine = Kapal perompak atau
bajak laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan dan tiang utama tetapi dengan
layar utama depan dan belakang, yang ada pada abad 19; pengertian pada kapal
masa kini adalah kapal bertiang dua dengan tiang depan dan tiang utama.
· Brow = Jalan kecil yang
menghubungkan kapal dengan daratan saat berada di dermaga atau di sisi tambatan
kapal.
· Bucko = Petugas/pengawas yang
suka menggertak dan kejam.
· Bulk Carrier = Sebuah kapal
dengan geladak tunggal untuk membawa kargo/muatan yang sejenis.
· Bulkhead = Bagian depan dan
buritan, pembagian bagian kapal secara vertikal untuk memisahkan interior
menjadi beberapa kompartemen. Dapat tembus air, meningkatkan rigiditas struktur
kapal, dapat melokalisasi efek kebakaran dan air jika terjadi banjir.
· Bulk-oil carrier = Kapal
multifungsi yang dibuat untuk mengangkut batubara atau minyak. Kapal ini
biasanya memiliki penutup tahan air agas batubara tidak basah ketika hujan.
· Bunker = Bahan bakar minyak yang
digunakan untuk mengoperasikan mesin kapal atau generator.
· Buoyage = Kondisi di mana
pelampung sedang dilemparkan atau diletakkan di lautan untuk menolong orang
atau untuk menstabilkan kondisi kapal.
· Burgoo = Nama seorang pelaut yang
digunakan untuk menyebut bubur gandum. Pertama kali disebutkan dalam
“Adventures of Sea” karya Edward Coxere (1656)
·
By the
Board = Di atas kapal atau di sebelah kapal.
C. =
Charlie
·
Cable =
Istilah unit kelautan untuk menyatakan jarak yang bernilai sekitar 1/10 mil
atau 608 kaki atau 200 yard.
· Calving = Menghancurkan atau
memisahkan bongkahan es dari glasier atau gunung es.
· Camber = Bagian geladak yang
melengkung untuk menahan air; bagian standar dari geladak luar yang berukuran
sekitar 1/50 lebar kapal.
· Camel = Cekungan di bawah kapal
yang terbuat dari logam atau kayu yang diisi air. Saat airnya terpompa keluar,
bagian ini akan dapat mengangkat kapal. Merupakan alat penting untuk tindakan
penyelamatan. Biasanya dioperasikan secara berpasangan. Telah digunakan di
Rotterdam pada tahun 1690; istilah untuk tindakan pengangkatan kapal.
· Can Hooks = Dua pengait datar
yang dapat bergerak bebas pada tali rantai atau kabel. Pengait ini terletak di
bagian bawah tong kosong sehingga berat tong tersebut hanya pada rantai atau
kabel yang akan mencegah pengait terlepas.
· Capesize = Kapal yang terlalu
besar untuk melewati Terusan Suez dari Teluk Arab, sehingga terpaksa melewati
Tanjung Harapan, dengan berat mati sekitar 80.000-175.000 ton.
· Captain = Pangkat dalam Angkatan
Laut di antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal pedagang/kapal biasa yang
memberi perintah di kapal.
· Careen = Mengatur posisi kapal
sehingga sebagian besar bagian bawahnya berada di atas air, untuk keperluan
perbaikan atau penambahan bahan anti-karat. Biasanya dilakukan pada kapal
kecil.
· Carry on = Melanjutkan pelayaran
dengan layar terkembang karena kondisi angin yang memburuk.
· Catching up Rope = Tali ringan
pada pelampung untuk menahan kapal saat pemasangan jangkar.
· Catenary = Rantai panjang pada
bagian tengah tali pengeret untuk mengurangi tekanan yang mendadak; beban
apapun yang dipasang pada tambang kapal untuk mengurangi tekanan; lengkungan
yang terbentuk oleh rantai yang menggantung pada dua titik.
· Cat’s Skin = Angin sepoi-sepoi
yang hangat pada permukaan laut.
· Charter = Penyewaan kapal dengan
selang waktu dan jarak pelayaran atau paket perjalanan tertentu.
· Charter party = Kontrak antara
pemilik kapal dan penyewa, dengan syarat dan ketentuan detail setiap
tanggungjawab pada transaksi.
· Charterer = Pihak yang menyewa
kapal dari pemilik kapal.
· Check = Mengendurkan tali
sedikit, kemudian mematikan ikatan tali tersebut.
· Checking = Mengendurkan tali
sedikit dengan hati-hati dan teliti.
· Chemical tanker = Kapal tanker
yang dibuat khusus untuk transportasi bahan kimia. Biasanya dilengkapi dengan
beberapa tanki berlapis bahan stainless steel. Kapal ini dapat membawa beberapa
bahan kimia yang berbeda sekaligus, karena masing-masing tanki memiliki sistem
pipa dan pompa tersendiri untuk proses bongkar dan muat bahan kimia.
· Chuch = Sebutan yang biasanya diberikan
untuk ketua yang adil.
· Classification = Pengelompokan,
klasifikasi. Setiap kapal harus memasuki komunitas klasifikasi jenis kapal
tertentu untuk kemudahan asuransi dan perekrutan tenaga kerja pada kapal.
Komunitas klasifikasi ini merupakan badan independen di bawah pengawasan para
professional perkapalan. Untuk mempertahankan klasifikasi, kapal harus memenuhi
standar dan diinspeksi oleh komunitas klasifikasi yang bersangkutan.
· Clock Calm = Cuaca laut yang
sangat tenang dengan ombak yang sempurna.
· Close Aboard = Dekat,
berdampingan, sangat dekat.
· Colimation =. Penjajaran yang
benar pada bagian optis suatu instrumen.
· Combination carrier = Kapal yang
dapat mengangkut baik kargo cair maupun serbuk atau kering. Ada dua jenis
combination carrier: ore carrier, pengangkut bijih tambang, dan
bulk-tank-ships, kapal tanki pengangkut serbuk kering.
· Container vessel = Kapal yang
didesain khusus untuk membawa kontainer standar (TEU). Biasanya disebut juga
cellular container ship. Sebagian besar kapasitas pengangkutan kargo berada
pada bagian atas geladak tempat kontainer diletakkan, atau pada ruang bersekat
tertentu. Kontainer diangkut dan diturunkan dengan derek khusus. Container ship
biasanya melaju dengan cepat dan terjadwal.
· Crack on = Menjalankan kapal atau
berlayar dengan kecepatan dan kemampuan penuh.
· Craft = Kapal atau beberapa kapal
dengan berbagai jenis dan ukuran.
· Crane and Construction Vessel /
Unit = Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam yang memiliki perlengkapan untuk
konstruksi atau perbaikan suatu instalasi. Kadang juga menawarkan fasilitas
akomodasi. Pelayanan lain yang ditawarkan adalah fasilitas penyimpanan, suplai
air, udara bertekanan dan listrik, ruang kantor, pusat komunikasi, landasan
helikopter , dan lain-lain.
· Crank = Sebutan untuk kapal yang
memiliki stabilitas rendah, yang dapat disebabkan oleh proses pembuatannya atau
karena goncangan kargo yang dibawanya.
· Creep = Mencari obyek tenggelam
dengan mengirimkan pencari ke dasar laut.
· Crew = Awak kapal, personel kapal
selain nahkoda yang bekerja pada perahu atau kapal. Kadang-kadang awak kapal
dibedakan dengan pegawai kapal; tetapi pegawai atau petugas kapal dapat berarti
awak kapal yang legal.
· Crimp = Seseorang yang mengumpan
pelaut dari kapalnya dan merampok pelaut tersebut, dan atau memaksa pelaut untuk
meninggalkan/pindah kapal.
· Crude Oil Carrier = Kapal yang
didesain untuk membawa minyak mentah dalam tanki. Contoh kapal jenis ini
diantaranya Panamax (berat mati 50.001-80.000ton), Aframax (berat mati 80.001-120.000ton),
Suezmax (berat mati 120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton),
dan ULCC (berat mati 350.001 atau lebih).
· Cruise = Berpesiar. Perjalanan
kapal dengan beberapa arah tujuan; berlayar dengan beberapa arah tujuan untuk
kesenangan, pencarian, atau keperluan latihan.
· Cruise ship = Kapal pesiar, kapal
penumpang yang membawa penumpang untuk melakukan perjalanan wisata diantara
beberapa pelabuhan tertentu, biasanya dimulai dan diakhiri di pelabuhan yang
sama. Standar akomodasi dan rekreasi kapal ini cukup tinggi.
·
Culage =
Menempatkan kapal di atas dermaga untuk keperluan perbaikan.
·
Customary
Dispatch = Kecepatan biasa dan sering digunakan.
D. =
Delta
·
Dead on
End = Sebutan untuk angin yang akan menghadang kapal; atau sebutan untuk kapal
lain yang garis haluan dan buritannya ada pada garis pandang pengamat.
·
Demurrage
= Kompensasi/denda yang harus dibayar oleh penyewa kapal jika lama waktu bongkar
dan muat barang pada kapal yang disewa melebihi dari waktu yang ditetapkan dari
perjanjian sewa. Besarnya jumlah kompensasi ini biasanya disebutkan secara
eksplisit saat melakukan perjanjian sewa.
· Deratisation = Pemberantasan
tikus pada kapal.
· Dingbat = Sebutan populer untuk
alat pengepel yang terbuat dari tali tambang yang digunakan untuk mengeringkan
geladak.
· Ditty Bag = Tas kanvas kecil
tempat pelaut menyimpan sesuatu yang kecil dan menguncinya.
· Ditty Box = Kotak kayu kecil
dengan gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan barang berharga, alat tulis,
dan berbagai macam sesuatu yang kecil.
· Diurnal = Sehari-hari, perhari. Terjadi
sekali dalam satu hari.
· Diving Support Vessel = Kapal
yang memiliki perlengkapan selam, yang menjalankan berbagai jenis operasi
penyelaman. Kapal ini dapat juga dioperasikan dengan remote control atau robot
penyelam (Remote Operated Vehicle, ROV).
· Donkeyman = Kelasi yang menangani
pemanas atau mesin pembantu, dan membantu pekerjaan di ruang mesin.
· Donkey’s Breakfast = Sebutan yang
digunakan oleh pelaut pedagang untuk matras atau tempat tidurnya.
· Double bottom / double hull =
Lambung kapal atau bagian bawah kapal yang dibangun dengan teknik tertentu
sehingga terdiri atas bagian dalam dan luar yang terpisah oleh ruang hampa, biasanya
selebar beberapa kaki.
· Drift Ice = Es pada perairan yang
mengandung pecahan es kecil yang terapung, tetapi total area air lebih besar
dari total area esnya.
· Drilling Barge = Perahu yang
dilengkapi dengan peralatan untuk operasi pengeboran di laut yang tenang.
Biasanya tidak memiliki mesin penggerak. Kedalaman maksimum pengeboran sekitar
150 meter.
· Drilling Rig = Menara bor dengan
sistem pemompa lumpur dan dapat diputar. Dapat dipasang baik pada pengeboran
lepas laut maupun pada instalasi pengeboran lepas pantai seperti kapal pengebor
(drillship).
· Drilling Tender = Instalasi alat
pengeboran untuk kapal yang jenisnya tergantung pada kapal atau perahu untuk
penyimpanan, akomodasi, dan sebagainya.
· Drillship = Kapal yang dilengkapi
dengan drilling rig (menara bor) dan mesin penggerak tersendiri. Posisi kapal
ini tetap dengan adanya peralatan pengatur posisi dinamis (Dynamic Positioning
Equipment). Kedalaman maksimal pengeboran sekitar 2.000 meter.
· Dry cargo = Kapal yang membawa
kargo kering, dapat memiliki satu atau lebih geladak.
· Dunnage = Suatu material dari
jenis apa saja, baik permanen maupun sementara yang digunakan untuk menjaga
tempat penyimpanan dan melindungi kargo selama perjalanan kapal.
·
DWT = Bobot
mati, adalah Suatu unit kapasitas kapal untuk kargo, bahan bakar, barang dan
awak kapal, yang diukur dalam satuan ton yang setara dengan 1.000kg. Berat mati
(dwt) kapal adalah total berat yang dapat dibawa oleh kapal saat proses
pemuatan barang.
F. =
Foxtroot
·
Fair =
Mengatur, mengubah, atau menyesuaikan bentuk atau ukuran.
· Fairway = Jalur air yang dapat
dilewati kapal, baik berupa terusan, pelabuhan, atau sungai.
· Fake = Satu lingkar kumparan atau
tali; membentuk kumparan atau mengatur tali untuk ornamen menjadi datar atau
tampak datar yang biasanya berbentuk lingkaran atau segi delapan. Kadang
disebut juga “cheesing down”.
· Fang = Katup kotak pompa. Memancing
pompa
· Farewell Buoy = Pelampung untuk
digunakan pada tepi laut yang diberikan dari dermaga.
· Fast = Tambang untuk menambatkan
kapal; sebutan untuk kapal saat sedang ditambatkan.
· Fast Ice = Lapisan es di atas laut
yang melebar dari daratan.
· Fathom = Depa; Ukuran 6 kaki
(1,83 meter); panjang yang dapat dicapai oleh lengan laki-laki yang
diregangkan. Satu depa kayu artinya memiliki volume 6’x6’x6’=216 kaki kubik.
· Feather Spray = Air berbusa yang
naik dengan cepat sebelum buritan kapal berjalan dan baling-baling berputar di
air.
· Feeder Vessel = Kapal laut jarak
dekat untuk mengambil dan membawa barang dan kontainer dari atau menuju kapal
laut besar (Mother vessel).
· Fiddles = Perekat untuk bahan
kayu yang digunakan pada meja makan kapal pada cuaca yang buruk. Perekat ini
akan membatasi gerakan piring, gelas, dan alat atau tempat makanan lainnya.
· Field Ice = Bongkahan es yang
ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.
· Flake = Menggulung tali sehingga
masing-masing dua ujung gulungan berjejer pada geladak bersebelahan dengan
gulungan tali yang lain, sehingga tali dapat lebih mudah dilepaskan.
· Fleeting = Memindahkan moving
block pada katrol dari satu tempat ke tempat lain; memindahkan satu orang atau
lebih dari satu area kerja ke area lain di dekatnya.
· Flo-flo-ship = Kapal khusus yang
dapat menyelam sehingga kargo pada kapal dapat terapung atau hanyut, misalnya
pada pengangkutan alat dongkrak yang dapat dibawa dengan cara “piggy back”
dengan flo-flo-ship.
· Flotsam, Flotson = Barang-barang
dan perabot yang masih terapung-apung setelah terjadi kecelakaan kapal.
· Fly Boat = Kapal boat cepat untuk
perjalanan penumpang atau lalu lintas kargo pada perairan yang aman.
· Fothering = Menutup lubang kecil
pada bagian bawah kapal yang berada dalam air dengan menambalnya dengan layar
yang diisi kayu berat.
· Founder = Terisi dengan air dan
tenggelam.
· Frazil = Es terapung berukuran
kecil pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan untuk lapisan es yang baru
terbentuk pada laut.
· Freshen the Nip = Menikung atau
menarik sedikit bagian tali sehingga bagian tali yang rusak atau terkoyak dapat
terbuang atau digantikan dengan bagian yang masih baru.
· Full and By = Berlayar dengan
semua layar terkembang.
·
Furniture
= Perabot utama pada kapal, seperti tiang kapal, davit, alat derek, kerekan,
dan lain-lain.
G. = Golf
·
Gas
tanker = Kapal khusus untuk transportasi gas (cair) terkondensasi. Kargo yang
paling utama untuk kapal ini adalah LNG (Liquefied Natural Gas – gas alam cair)
yang biasanya berupa gas metana, LPG – Liquefied Petroleum Gas (gas propana,
butana), ammonia, dan etilen. Di atas kapal, gas dijaga agar tetap cair dengan
isolasi berefektifitas tinggi (dengan prinsip termos air), dengan cara
memberikan tekanan tinggi atau temperatur yang rendah hingga -163oC.
·
Gilliwatte
= Nama yang diberikan kepada seorang kapten kapal pada abad ke 17.
·
Glory
Hole = Suatu tempat tertutup yang tersembunyi untuk menaruh sampah atau barang
yang tidak diinginkan saat membersihkan geladak.
·
Gob Line
= Tali belakang; seutas tali yang digunakan oleh kapal kecil untuk bertambat;
·
Growler =
Gunung es kecil hasil pecahan gunung es besar.
H. =
Hotel
·
Handymax
= ukuran 30,001 dwt – 50,000 dwt
·
Handysize
= ukuran 10,000 dwt – 30,000 dwt
·
Haul =
Menarik, menghela
·
Hawser =
Tali kabel baja yang fleksibel atau tali serat yang diunakan untuk menarik atau
membelokkan sesuatu, dan untuk penambatan.
·
Hazing =
Perlakuan sewenang-wenang dengan menyuruh orang bekerja terus-menerus,
mengomel, dan berlaku kejam.
·
Head Fast
= Tali penambat yang menjulur ke dapan dari ujung depan kapal.
·
Headway =
Gerakan kapal ke depan di atas air.
·
Heave =
Mengangkat.
·
Heavy
Floe = Bongkahan es terapung dengan ketebalan lebih dari 3 kaki.
·
Hoist =
Menaikkan
·
Horse
Marine = Pelaut yang tidak cekatan.
·
Hove =
Terangkat
·
Hove To =
Kapal yang berada hampir melewati angin, tetapi lalu berhenti, dan tetap pada
posisi ini dengan layar terkembang atau mesin yang tetap menyala.
·
Hoveller
= Seseorang yang membantu penyelamatan jiwa dan barang-barang dari kapal yang
mengalami kecelakaan di dekat pantai. Jika diperlukan, seringkali berada di
kapal kecil pada perairan dangkal untuk menunggu datangnya kapal.
·
HSS –
Highspeed Sea Service = Konsep kapal ferry cepat dengan lambung ganda atau
multilambung dengan kapasitas angkut hingga 1500 orang penumpang dan sekitar
400 mobil.
·
Hull Down
= Sebutan bagi kapal yang berada pada jarak jauh saat lambung kapal berada di
kaki langit dan tiang serta bagian atasnya dapat terlihat.
·
Hulling =
Floating Mengapung pada kondisi angin dan laut yang tenang; berlayar pada
kondisi tenang; menembus kapal dengan proyektil.
I. =
India
·
Idle time
= Periode waktu dari saat kapal mulai beroperasi tetapi belum menghasilkan
keuntungan.
·
Idler =
Anggota awak kapal yang bekerja sepanjang hari tetapi tidak ikut berjaga di
malam hari, misalnya tukang kayu dan pembuat layar.
·
Indulgence
Passenger = Seseorang yang diberi tiket kapal gratis, biasanya karena kasihan
atau untuk menghibur.
·
Intermediate
survey = Inspeksi kapal oleh surveyor golongan klasifikasi kapal yang biasanya
diadakan sekitar dua setengah tahun sebelum dan sesudah inspeksi khusus.
Inspeksi ini biasanya lebih teliti daripada inspeksi tahunan dan bertujuan untuk
menjamin kelayakan standar kapal dalam golongan klasifikasi tertentu.
J. =
Juliet
·
Jack
Nastyface = Nama panggilan untuk pelaut yang tidak populer, berasal dari nama
pelaut yang pernah menulis pamflet mengenai kondisi Angkatan Laut Inggris pada
awal abad 19.
·
Jackup =
Instalasi yang dapat bergerak yang terdiri atas dek besar dengan kaki yang bias
didongkrak. Saat beroperasi, kaki dongkrak dipasang pada dasar laut lalu kapal
didongkrak. Saat operasi selesai, kaki dongkar ditarik kembali dan alat ini
akan mengapung. Biasanya alat ini tidak dilengkapi dengan mesin penggerak
tersendiri (kedalaman air maksimal 110-120meter). Biasanya digunakan sebagai pengebor.
·
Jerque =
Pencarian kapal oleh suatu badan tertentu karena bahan-bahan yang diangkut
kapal tersebut yang ikut hilang.
·
Jetsam =
Barang-barang yang telah keluar dari kapal dan tengelam.
Jimmy Bungs = Nama populer untuk rekanan kapal.
Jimmy Bungs = Nama populer untuk rekanan kapal.
·
Jolly
Boat = Kapal kecil yang merupakan bagian dari kapal besar untuk keprluan
tertentu.
K. = Kilo
·
Keckling
= Mengikatkan tali kecil di sekeliling kabel atau tambang untuk mencegah
kerusakan terkikisnya kabel atau tambang tersebut.
·
Kedging =
Menggerakkan kapal dengan melempar jangkar dan menarik kapal menuju jangkar
tersebut.
·
Kelter =
Perintah dan kesigapan yang baik.
·
Kenning =
Istilah yang digunakan pada abad ke 16 untuk jarak daratan yang dapat diamati
dari kapal di laut. jarak ini bervariasi dari 14 hingga 22 mil tergantung kondisi
atmosfer pada area tersebut.
·
Kentledge
= Pemberat kapal permanen yang terbuat dari bijih besi, yang secara khusus dibentuk
dan ditempatkan pada setiap sisi kapal. Nama ini kadang juga diberikan untuk
pemberat apa saja yang terbuat dari besi.
·
Key of
Keelson = Barang palsu yang biasanya terkirim kepada pelaut yang belum
berpengalaman.
·
Killick =
Istilah kelautan untuk jangkar. Berasal dari nama batu yang digunakan sebagai
jangkar.
·
Kippage =
Nama yang pernah digunakan untuk menyebut perlengkapan kapal, termasuk
personelnya.
·
Knots per
Hour = Lambang satuan yang tidak pernah digunakan bagi pelaut yang hati-hati,
karena tidak jelas dan tidak logis.
·
Kraken =
Monster laut terkenal yang diperkirakan pernah terlihat di laut Amerika dan
Norwegia.
L. = Lima
·
Laden =
Dimuat, bermuatan. Sebuah kapal disebut laden/bermuatan ketika sedang membawa
kargo.
·
Lading =
Barang yang dimuat ke dalam kapal. Kegiatan memasukkan muatan pada kapal.
·
Lagan =
Barang-barang tenggelam yang telah diselamatkan untuk proses perbaikan
selanjutnya.
·
Lanyard =
Tali atau tambang yang digunakan untuk penyelamatan atau penambatan.
·
Large =
Sebutan untuk kapal yang berlayar dengan angin yang bertiup pada belakang tiang
kapal, tidak pada bagian kanan buritan.
·
Lascar =
Suku asli India Timur yang dipekerjakan sebagai pelaut.
·
LASH –
Lighter Aboard Ship = Kapal tongkang, yaitu kapal yang dapat membawa tongkang
di atasnya.
·
Lask =
Berlayar dengan layar lebar, dengan kekuatan angin yang menghadang tiang
sekitar 4 poin.
·
Lay
Aboard = Bergerak mendekati, menjejeri.
·
Lay Out =
Perintah kepada para awak kapal untuk berbaris; menjaga kapal tetap pada posisi
tertentu hingga beberapa waktu.
·
Lay the
Land = Meninggalkan daratan dengan berlayar hingga daratan tampak tenggelam di
bawah langit.
·
Laying on
Oars = Memegang dayung dengan sudut yang tepat terhadap garis depan dan
belakang kapal dengan posisi horizontal dan paralel terhadap permukaan air.
Digunakan juga sebagai istilah sindiran untuk pemalas atau yang tidak dapat menggerakkan
kapal dengan dayung.
·
Lay-up =
Menambatkan kapal untuk sementara dengan jangkar yang terlindungi, mematikan
semua sistem operasi yang penting dan memeriksa keadaan kapal. Biasanya kapal
mengalami lay-up selama beberapa waktu ketika pemiliknya beranggapan bahwa
perjalanan kapal pada waktu tersebut tidak menguntungkan.
·
Lazarette,
Lazaretto = Tempat penyimpanan perbekalan kapal; kapal atau bangunan tempat
seseorang dikarantina.
·
League =
Ukuran jarak sepanjang tiga mil. Setara dengan 1/20 derajat garis lintang.
·
Lee Lurch
= Gulungan berat untuk menghadapi angin yang menerpa tiang kapal.
·
Lie =
Diam pada suatu tempat atau posisi.
·
Lie By =
Diam di samping kapal lain.
·
Lie To =
Membeli kapal dan mendiamkannya dengan terpaan angin.
·
Light
Hand = Pelaut yang muda tetapi pintar.
·
Light
Port = Bak atau tingkapan yang dilengkapi dengan kaca.
·
Limber
Holes = Lubang pada lantai kayu atau pelindung samping tanki tempat masuknya
air kotor pada lambung kapal.
·
Line =
Tali atau tambang yang ringan; tali kecil untuk kegunaan tertentu.
·
Liner =
Kapal yang berlayar dengan rute dan waktu perjalanan yang telah ditentukan
sebelumnya, dengan jadwal pelayaran yang terpublikasi.
·
Lipper =
Laut kecil yang airnya naik di atas haluan atau bibir kapal.
·
Lobscouse
= Sup yang biasa untuk makanan di kapal terbuat dari daging dan sayuran siap
saji.
·
Lo-lo-ship
= Lift on-lift off-ship. Kontainer atau barang-barang lain yang dinaikkan ke
atas kapal dengan alat derek.
·
Lop =
Laut yang dangkal tetapi sangat bergelombang
·
Lubber =
Seseorang yang kikuk atau tidak ahli.
·
Lumper =
Seseorang yang bekerja pada kapal yang tidak bermuatan di dermaga, atau yang
membawa kapal dari satu dermaga ke dermaga lainnya.
·
Lurch =
Kapal lain yang muncul tiba-tiba di laut.
·
Lying to
= Sebutan bagi kapal saat berhenti atau diam di dekat terpaan angin pada cuaca
buruk.
M = Mike
·
M/T-Motor
Tanker = Tanker yang digerakkan dengan mesin diesel.
·
Mariner =
Secara umum berarti seseorang yang bekerja pada kapal laut. Kadang juga
diartikan sebagai pelaut yang bekerja di geladak.
·
Marry the
Gunner’s Daughter = Istilah populer yang digunakan oleh Angkatan Laut zaman
dulu untuk aksi mencambuk, biasanya saat berhadapan dengan senjata api.
·
Master =
Petugas yang memberikan perintah pada kapal komersil. Biasanya untuk sebutan
petugas navigasi pada kapal.
·
Mate =
Petugas asisten Master; pegawai kepala; orang yang telah lama bertanggungjawab
pada penyimpanan dan pemeliharaan kargo serta pengorganisasian kerja pelaut dan
navigasi.
Middle Ground = Area laut di antara dua terusan navigasi.
Middle Ground = Area laut di antara dua terusan navigasi.
·
Modern
Mariner Glossary
·
Moor =
Menjaga kapal pada posisi tertentu dengan dua atau lebih jangkar dan kabel;
memasang satu atau lebih pelampung pada kapal; mengamankan kapal dengan
memasang tali.
N. =
November
·
Narrow
Channel Rule = Peraturan tentang pengaturan terjadinya tabrakan yang
mengharuskan kapal untuk bernavigasi pada jalur yang sempit untuk menjaga agar
bagian kanan jalur yang dilalui kosong.
·
Newbuilding
= Kapal yang baru sedang dibangun.
·
Nipped =
Sebutan bagi kapal yang tertekan oleh balok es di kedua sisinya.
·
Nog =
Paku kayu pada pantai untuk membantu kapal yang tergelincir.
·
Nunatak =
Puncak berbatu yang berada pada daratan es.
O. =
Oscar
·
OBO
carrier = Kapal pengangkut; kapal yang dibangun untuk dapat membawa berbagai
jenis kargo (minyak/kering/bijih-Oil/Bulk/Ore)
·
Off and
Fair = Perintah untuk membuang bagian kapal yang berbahaya, mengembalikannya ke
kondisi dan bentuk yang seharusnya, atau menggantinya.
·
Off-hire
= Periode waktu ketika kapal untuk sementara tidak dapat beroperasi karena
keperluan pemeliharaan, perbaikan, atau pembongkaran.
·
Offing =
Area laut yang berada di antara langit yang terlihat dan garis tengah antara
langit dan pengamat di pantai. Tetap dalam keadaan offing berarti menjaga jarak
dari laut.
·
Offshore
service vessels = Isitilah umum bagi kapal khusus yang digunakan untuk
eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas yang ditemukan di laut.
·
Oil
tanker = Kapal yang membawa minyak mentah atau hasil penyulingan. Jika kapal
memiliki peralatan untuk membawa beberapa jenis kargo secara bersamaan, kapal
jenis ini disebut Parcel Tanker. Shuttle tanker adalah tanker yang membawa
minyak dari tambang minyak lepasa pantai menuju terminal. Tanker minyak yang
dibuat khusus untuk transportasi hasil penyulingan, kadang dilengkapi dengan
tanki yang diberi cat atau lapisan khusus di bagian dalamnya, disebut product
carrier.
·
OSV =
Offshore Support Vessel. Kapal penunjang lepas pantai.
·
Overhaul
= Memeriksa untuk keperluan perbaikan atau penyesuaian; menyusul; memperluas
katrol sehingga jarak antar geladak semakin besar.
P. = Papa
·
Pack-Ice
= Beberapa balok es besar terapung yang telah menjadi satu dan menjadi lebih
sulit atau lebih mudah terjangkau.
·
Paddy’s
Purchase = Istilah pelaut untuk menyebut pemasangan tali yang sangat mudah tanpa
kesulitan apapun.
·
Painter =
Tali pada badan kapal untuk menjaga posisinya saat proses pengeretan; rantai
untuk mengamankan jangkar pada tempat tertentu.
·
PANAMAX =
Kapal yang memiliki berat mati sekitar 50.000-75.000 dwt dengan lebar dan
panjang maksimum (lebar 32,2 m) dan dapat melewati terusan Panama.
Pancake Ice = Lempengan es kecil yang baru terbentuk berbentuk lingkaran yang tidak menghalangi jalannya kapal.
Pancake Ice = Lempengan es kecil yang baru terbentuk berbentuk lingkaran yang tidak menghalangi jalannya kapal.
·
Parclose
= Lubang lentur pada kapal.
Parting Strop = Kulit yang dimasukkan diantara dua tambang dan lebih lemah daripada tambang tersebut, sehingga akan melindungi tambang dari tekanan yang berlebih; kulit khusus untuk memegang tambang.
Parting Strop = Kulit yang dimasukkan diantara dua tambang dan lebih lemah daripada tambang tersebut, sehingga akan melindungi tambang dari tekanan yang berlebih; kulit khusus untuk memegang tambang.
·
Pay Off =
Menurunkan awak dan menutup perjanjian kapal komersil; pelepasan pangkat pada
kapal militer; sebutan bagi haluan kapal saat menghindari angin.
·
Peggy =
Sebutan yang populer di kapal militer/komersil bagi pelaut yang kewajiban
lemburnya adalah membersihkan/membereskan bagian kapal yang berantakan.
·
Petty
Officer = Pangkat diantara petugas dan kelasi, dan merupakan pimpinan kelasi.
Biasanya memiliki hak istimewa yang berhubungan dengan pangkatnya.
·
Piggin =
Ember kayu yang sangat kecil satu pegangan. Digunakan sebagai gayung pada kapal
kecil.
·
Pinnace =
Sebelumnya merupakan sebutan bagi kapal layar bertiang dua, kadang dilengkapi
dengan dayung. Istilah sekarang berarti kapal kecil dengan layar atau mesin
milik Angkatan Laut dengan panjang 36 kaki.
·
Pool =
Kolam. Genangan air yang tertutup atau hampir tertutup; perkumpulan yang
fluktuatif terdiri atas orang-orang yang dapat mengawaki kapal, dan dapat
bertambah anggota.
·
Pooping =
Sebutan bagi kapal atau laut, saat ombak secara berturutan menyapu kapal dan masuk
ke geladak melalui buritan.
·
Popple =
Lautan yang pendek.
·
Port Hole
= Celah kecil, biasanya berbentuk lingkaran, yang ada di sisi kapal. Digunakan
sebagai penerangan, ventilasi, dan fungsi lainnya.
·
Primage =
Uang yang dibayar oleh pemilik kapal kepada master/pimpinan kapal karena
keuletannya dalam menangani kargo. Kadang tidak berupa uang, melainkan tambahan
muatan. Jumlahnya sekitar 1% dari total kargo.
·
Procuration
= Aksi yang dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain; sebuah dokumen yang
mengizinkan seseorang untuk melakukan sesuatu atas nama orang lain.
·
Production
Ship = Kapal khusus yang dapat memompa minyak melalui saluran pipa yang
fleksibel dari dasar laut.
·
Production
Unit = Bangunan yang diperlukan untuk produksi minyak dan gas.
·
Products
Tanker = Kapal yang didesain untuk membawa minyak hasil penyulingan dalam
tanki. Jenis-jenisnya antara lain: Coastal (sekitar 3,001 dwt – 10,000 dwt
approx), Small (sekitar 10,001 dwt – 19,000 dwt), Handy (sekitar 19,001 dwt –
25,000 dwt), Medium (sekitar 25,001 dwt – 45,000 dwt), LRI (Long Range One)
(sekitar 45,001 dwt – 70,000 dwt), LRII (Long Range Two) (sekitar 70,001 dwt –
100,000+ dwt).
·
Propogation
= Gerakan puncak ombak yang keras.
·
Protest =
Pernyataan di bawah sumpah yang dibuat sebelum ke notaris umum, yang menyangkut
kehilangan, kerusakan, atau gangguan yang terjadi pada saat pelayaran.
·
PSV =
Platform Supply Vessel. Kapal Penyuplai Bangunan lepas pantai.
·
Punt =
Kapal kecil yang digerakkan dengan mendorong galah yang ujung bawahnya berada
pada dasar air; menggerakkan kapal dengan menancapkan galah pada dasar air;
perahu galah.
·
Puoy =
Galah terpaku yang digunakan sebagai penggerak rakit atau kapal dengan
menyandarkan bagian ujungnya pada obyek yang tidak bergerak.
·
Purser’s
Grin = Senyuman kritis, menyeringai.
Q. =
Quebec
·
Quarter =
Bagian kapal di antara tiang dan buritan.
·
Quarter
Boat = Kapal kecil yang diangkut pada bagian quarter kapal, dan diatur agar
siap digunakan mendadak saat berada di laut.
·
Quarter
Spring = Tali yang direntangkan ke dapan dari bagian quarter kapal untuk
mencegah berubahnya buritan atau untuk menarik kapal ke depan.
·
Quay =
Dermaga. Suatu bangunan yang menjorok ke laut untuk fasilitas proses bongkar
dan muat barang, pendaratan dan keberangkatan penumpang, perbaikan atau
pemulihan kapal
R. Romeo
·
Radome =
Pelindung berbentuk bulat yang ditempatkan pada pemindai radar untuk mencegah
resiko goncangan dan untuk melindungi radar dari efek cuaca.
·
Rafting =
Menumpuk pinggiran bongkahan es, sehingga sebagian dari satu bongkahan ada di
atas bongkahan lain.
·
Reach =
Aliran lurus air yang berada di antara dua tikungan sungai atau terusan.
·
Rector =
Nama yang diberikan kepada Master kapal pada abad ke 11 dan 12.
·
Reefer
Vessel = Kapal yang memiliki fasilitas pendingin untuk penyimpanan kargo.
·
Refit =
Penggantian gigi mesin yang sudah terpakai atau rusak dengan gigi yang baru.
·
Return
Port = Tempat untuk turun atau kembalinya pelaut yang dibebastugaskan.
·
Rooming =
Kondisi perairan yang mendukung jalannya kapal.
·
Ro-ro-ship
(Roll on – Roll off) = Kapal kargo dimana bongkar muat kargo dilakukan dengan
kendaraan, baik dengan mobil/trailer atau truk khusus. Ada tiga jenis ro-ro
ship, yaitu: ro-ro ship yang beroperasi untuk membawa kontainer, lempengan,
atau kargo umum lainnya yang dapat diangkut dengan kendaraan, ro-ro ship untuk
transportasi mobil baru (jenis ini disebut PCC-Pure Car Carrier) atau dapat
juga mengangkut barang lain yang dapat bergerak, dan ro-ro ferry yang dapat
mengangkut kombinasi antara kargo bergerak (mobil dan truk) dengan penumpang.
·
ROV =
Remote Operated Vehicle – Mesin/Kendaraan berpengendali jarak jauh.
·
Rummage =
Dulu diartikan sebagai kegiatan membongkar kargo. Sekarang berarti kegiatan
pencarian kapal secara hati-hati dan teliti.
·
Run Out =
Melempar jangkar atau tali tambang dari kapal ke suatu titik tertentu di luar
kapal.
S. =
Siera
·
Sailing
Ice = Massa es berukuran kecil pada jalur perairan yang masih dapat dilalui
oleh kapal.
·
Sailor =
Pelaut. Seseorang yang bekerja pada kapal untuk perairan dalam. Kadang juga
diartikan sebagai seseorang yang pergi ke laut. Secara resmi diartikan sebagai
pelaut yang bekerja pada geladak. Dulu diartikan sebagai seseorang yang
memiliki pengalaman di laut.
·
Sallying
= Memutar kapal yang terjebak lapisan es untuk menghancurkan permukaan es yang
mengelilingi kapal. Kadang juga dilakukan saat kapal terjebak daratan.
·
Scrap =
Kapal tua atau kapal bekas yang tidak dapat beroperasi lagi yang dijual kepada penadah
untuk melucuti bagian kapal dan menjual kembali besi pembentuknya. Saat harga
sewa kapal turun, nilai penjualan sisa kapal ini akan lebih tinggi dari nilai
jual kapal itu sendiri, terutama jika kapal itu membutuhkan biaya tinggi untuk
proses survey khusus.
·
Scuttle
Butt = Tong berpelindung yang bertutup pada bagian atasnya sebagai tempat
membawa air bersih.
·
Sea
Battery = Penyerangan terhadap pelaut oleh Master kapal saat berada di laut.
·
Sea Boat
= Perahu pada kapal yang dijaga agar siap diluncurkan sewaktu-waktu saat berada
di laut, kadang disebut juga kapal darurat/kecelakaan; kapal kecil yang
menyertai jalannya kapal besar untuk menilai performa kapal besar tersebut di
laut.
·
Sea
Captain = Master kapal laut. Petugas bersetifikat yang kompeten dan berkualitas
untuk menjadi master kapal laut.
·
Sea Dog =
1. Pelaut tua yang berpengalaman; 2. anjing laut; 3. prajurit Ratu Elizabeth.
·
Sea
Lawyer = Istilah kelautan untuk orang yang suka berargumen.
·
Sea Smoke
= Gas yang naik seperti uap atau asap dari air laut yang disebabkan oleh udara
dingin yang berhembus di atas permukaan laut. dapat juga diartikan sebagai asap
beku, kabut uap, kabut air hangat, atau asap air.
·
Seafarer
= Seseorang yang berpenghasilan dari bekerja di laut.
·
Seamanlike
= Meniru sikap atau cara berpakaian seorang pelaut.
·
Second
Greaser = Nama populer kuno untuk kelasi kelas dua.
·
Seiche =
Osilasi berperiode pendek pada perairan yang tertutup atau sebagian tertutup,
yang tidak disebabkan oleh gaya gerak kapal.
·
Seismic
ship = Kapal yang dapat melakukan pemetaan struktur geologi pada dasar laut
dengan menembakkan senapan udara yang akan mentransmisikan gelombang suara ke
dasar laut. Gaung dari tembakan tersebut ditangkap dengan alat
pendengar/hidrofon yang dipasang di bagian belakang kapal. Kapal seismic dapat
menghasilkan data yang merupakan faktor intrinsik dari suatu material yang memerlukan
pengujian pengeboran.
·
Semisubmersible
= Instalasi yang dapat bergerak yang terdiri dari sebuah geladak yang berada
pada beberapa tiang, yang terpasang pada dua atau lebih ponton. Saat
beroperasi, ponton akan diisi air dan tenggelam. Posisi instalasi ini
distabilkan dengan beberapa jangkar, tetapi dapat juga dengan perangkat
DPE-dynamic positioning equipment. Umumnya memiliki mesin penggerak tersendiri,
maksimal berada pada kedalaman air 600 – 800 meter.
·
Sewed =
Sebutan bagi kapal saat tingkat kedalaman air terlalu dangkal untuk pelayaran
kapal. Juga sebagai sebutan untuk air yang menyurut yang menyebabkan kapal
harus berlabuh.
·
Shallop =
1. perahu kecil dengan satu atau dua dayung. 2. kapal nelayan kecil yang
memiliki layar. 3. sekoci.
·
Sheet =
Tali yang digunakan untuk menyesuaikan atau mengendalikan layar pada kapal
layar yang sedang beroperasi.
·
Shelf-Ice
= Es daratan, baik yang mengapung atau berada pada daratan, yang terbentuk dari
butiran salju yang telah membentuk lapisan tetapi tidak membentuk gunung es.
·
Shellback
= Pelaut kawakan dan berpengalaman.
·
Ship = 1.
kapal laut; 2. kapal yang memiliki sertifikat pendaftaran. Secara teknis
berarti kapal layar yang memiliki tiga atau lebih tiang layar. Pada zaman
Victoria berarti kapal yang memiliki paling tidak dua tiang layar pada bagian
depan dan belakangnya. Melaut/berlayar berarti menggunakan kapal.
·
Shipmaster
= 1. Seseorang yang memberi perintah dalam kapal. 2. Seseorang yang
bersertifikat kompeten untuk memimpin kapal. 3. Marinir ahli.
·
Shoot
Ahead = Melaju dengan cepat. Mendahului kapal lain dengan cepat saat berlayar.
·
Short
Stay = Sebutan bagi jangkar atau tambang kapal, saat panjang tambang yang
terjulur tidak sampai setengah dari kedalaman air.
·
Sighting
= Pengamatan dengan mata; memeriksa dan menandatangani dokumen sebagai bukti
keasliannya.
·
Sighting
the Bottom = Mengangkat, membalik, atau memiringkan kapal dan memeriksa bagian
bawahnya dengan teliti untuk menetahui adanya kerusakan.
·
Signed
Under Protest = Menandatangani sesuatu atas paksaan dan sebenarnya tidak setuju
dengan dokumen yang ditandatanganinya, setelah menyatakan ketidaksetujuannya.
·
Singling
Up = Menyimpan tali tambang yang tidak diperlukan, sehingga hanya sejumlah
kecil saja tambang rusak yang harus dibuang saat kapal meninggalkan dermaga.
·
Sixteen
Bells = Bunyi lonceng kapal sebanyak 16 kali, yang biasanya dibunyikan pada
tengah malam tahun baru. Delapan kali dibunyikan untuk jam ke 24 akhir tahun,
dan delapan kali untuk jam ke 00 tahun baru.
·
Slob =
Pecahan es di teluk, atau pada pinggiran gumpalan es yang besar.
·
Slop
Chest = Kotak atau kompartemen untuk penyimpanan pakaian awak kapal.
·
Slop Room
= Kompartemen untuk menyimpan pakaian untuk keperluan awak kapal.
·
Small
Tanker = Tanker dengan berat mati lebih kecil dari 50.000 dwt.
·
Smelling
the Ground = Sebutan bagi kapal yang bagian bawahnya sangat dekat dengan dasar
laut dan hampir menyentuhnya.
·
Snorter =
1. dengusan, orang yang mendengus; 2. angin yang sangat keras.
·
Snub =
Menghentikan tali atau kabel yang sedang diulurkan secara tiba-tiba.
·
Snubber
Line = Tali yang digunakan untuk memeriksa jalannya kapal saat berbelok ke
dermaga atau lembah.
·
Soft Tack
= Roti segar.
·
Son of a
Gun = Pelaut yang terlahir di atas kapal perang, yang pernah dipercaya sebagai
salah satu faktor penting untuk menjadi pelaut yang baik. Merupakan istilah
pujian untuk pelaut yang bekerja dengan sempurna.
·
Soogee
Moogee/Sujee-mujee = Serbuk pembersih untuk membersihkan kayu atau permukaan
yang dicat.
·
Spanking
= Gerakan cepat dan lincah yang dilakukan oleh kapal yang melaju atau hembusan
angin.
·
Special
survey = Pemeriksaan kapal oleh surveyor klasifikasi kapal yang dilakukan
setiap empat atau lima tahun sekali. Pemilik kapal kadang harus mengeluarkan
biaya besar untuk perbaikan kapal agar lolos pada pemeriksaan yang keempat atau
kelima, atau pilihan lainnya adalah membongkar kapal sebelum pemeriksaan.
·
Spile
Hole = Lubang kecil pada tong untuk masuknya udara saat pengeluaran isi tong.
·
Spindrift
= Sapuan air yang terpisah dari puncak ombak yang disebabkan oleh angin yang
kuat.
·
Splice
Main Brace = Mengeluarkan rum ekstra pada pembagian makanan. Suatu penahan,
kadang berupa tali meruncing yang disambungkan pada keadaan tertentu.
·
Spooning
= Melaju lurus menghadapi angin dan laut.
·
Spot
market = Pasar penyewaan kapal untuk perjalanan tunggal.
·
Spray =
Air yang memercik di udara sebagai partikel.
·
Spring =
1. Tali yang terjulur dari bagian belakang kapal ke satu titik di luar kapal.
Dengan menarik tali ini kapal dapat bergerak maju. Kadang digunakan kabel
jangkar untuk menggerakkan kapal ke depan; 2. kecenderungan bagian depan kapal
mendekati angin; 3. pembukaan pelapis; 4. tiang kapal yang patah sebagian.
·
Spume =
Buih laut.
·
Staith =
Alat untuk menaikkan kargo ke atas kapal. Juga merupakan sebutan untuk tempat pendaratan
atau tempat pemuatan.
·
Stanch =
Sebutan bagi kapal yang kokoh, kuat, dan tampak tidak mungkin bocor.
·
Stand-by
Vessel = Kapal yang berpusat di sekitar suatu instalasi lepas pantai dengan tugas
untuk mengevakuasi kru instalasi tersebut pada keadaan darurat, dan menjaga
agar kapal lain tidak mendekati instalasi.
·
Stave off
= Melepaskan sesuatu dengan tongkat, kait kapal, tiang panjang, dan lain-lain.
Stemming = 1. menstabilkan posisi saat melalui sungai atau aliran ari pasang; 2. melaporkan kedatangan kapal di dermaga kepada pengawas dermaga.
Stemming = 1. menstabilkan posisi saat melalui sungai atau aliran ari pasang; 2. melaporkan kedatangan kapal di dermaga kepada pengawas dermaga.
·
Stern
Sheets = Bagian kapal pada halangan belakang buritan, atau diantara halangan
belakang dan geladak belakang.
·
Storage =
Penyimpanan/pergudangan. Fungsi kapal yang kadang lebih cenderung untuk
peyimpanan daripada untuk transportasi kargo. Saat permintaan pasar menurun,
kapal dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dari fungsi penyimpanan.
·
Storis =
Bongkahan es besar bergerak, yang berumur lebih dari dua tahun, yang meluncur
di pantai tenggara Greenland.
·
Storm
Bound = Melempar jangkar atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena cuaca
badai.
·
Stow = Mengemas
secara kompak dan aman.
·
Stretch
Off the Land = Istilah lama pada kapal layar untuk berlabuh sejenak.
·
Submersible
= Instalasi bergerak yang dibangun untuk operasi pengeboran di perairan
dangkal, yang diturunkan hingga dasar laut dengan kedalaman air maksimal 30 –
40 meter.
·
Suck the
Monkey = 1. menghisap rum dari buah kelapa, dimana rum tersebut dimasukkan ke
dalam kelapa dari lubang kecil; 2. menghisap isi tong kecil dari lubang kecil,
biasanya dengan menggunakan sedotan.
·
Suezmax =
Kapal dengan berat mati sekitar 115.000 – 200.000 dwt dengan panjang dan lebar
maksimal dan didesain untuk dapat melewati Terusan Suez.
·
Sujee;Suji-muji
= Sabun atau serbuk pembersih yang dicampur dengan air bersih; membersihkan cat
dengan sujee.
·
Sun over
Foreyard = Istilah kelautan yang berarti “waktunya untuk minum”.
·
Supply
ship = Kapal untuk transportasi peralatan dan perbekalan tambang minyak lepas
pantai atau instalasi yang sedang dibangun atau dalam proses produksi. Kadang
juga disebut Straight Supply atau Platform Supply Vessel (PSV).
·
Swab =
Alat pel pelaut untuk mengeringkan geladak. Terbuat dari tali usang yang dijerat
dengan panjang sekitar 4 kaki. kadang dibuat lebih kecil dan diikatkan pada
pegangan kayu untuk digunakan dengan cairan basa untuk membersihkan kapal.
·
Swallow
the Anchor = Meninggalkan laut dan bersiap untuk berlabuh.
·
SWATH =
Small Waterplane Area Twin Hull. Desain lambung kapal yang ekonomis dan dapat
melaju cepat, biasanya digunakan untuk kapal ferry cepat atau kapal cepat
lainnya.
·
Sweat Up
= Menarik tali untuk menggulungnya hingga ujung.
·
Swell =
Serangkaian ombak yang besar dan kuat yang tidak disebabkan oleh kondisi
meteorology di sekitarnya. Biasanya disebabkan oleh angin yang bertiup jauh
dari posisi ombak.
T. =
Tanggo
·
Tally
Board = Instruksi di atas kapal untuk mendekati kapal yang kecelakaan dengan
meluncurkan roket penyelamat.
·
Tally
Book = Buku untuk mencamtumkan daftar kargo yang diterima oleh atau dikeluarkan
dari kapal.
·
Tanker =
Kapal yang didesain untuk membawa kargo cair dalam beberapa tanki. Kapal tanker
dapat membawa berbagai macam produk diantaranya minyak mentah, minyak hail
penyulingan, bahan kimia cair, gas cair, dan anggur. Kapal tanker memuat
kargonya dengan mengalirkannya dengan pompa.
·
Tanky =
Bintara laut di Angkatan Laut yang tugasnya mengurusi tanki air bersih.
Sewaktu-waktu tugas ini dilakukan oleh petugas navigasi, yang dapat juga disebut
‘tanky’ saat melakukan tugas ini.
·
TCE =
time charter equivalent = ekivalen sewa berdasarkan waktu. Suatu ukuran harga
sewa kapal berdasarkan tingkat harga pasar yang dihitung dalam satuan $/ton,
disesuaikan dengan waktu penyewaan yang dihitung dalam satuan $/kapal/hari. TCE
dihitung sebagai harga sewa dikurangi pengeluaran tertentu yang tidak
dikeluarkan oleh pemilik kapal saat kapal disewa, dibagi dengan jumlah hari
sewa.
·
Teem =
Menuangkan. Mengosongkan.
·
Tension
Leg Platform = Bangunan terapung atau pelampung yang bermuatan yang terpasang
pada dasar laut dengan rantai vertikal, penopang, dan lain-lain. Bangunan ini
terjaga kestabilan posisinya dengan daya apungnya sendiri.
·
Tenth
Wave = Ombak ke sepuluh, yang dipercayai akan lebih tinggi dari sembilan ombak
sebelumnya. Meskipun benar bahwa efek angin akan membuat ombak saling bertumpuk
satu-sama lain sehingga dapat membentuk ombak yang lebih besar, tetapi tidak
pernah dikatakan adanya ombak ke sebelas yang lebih besar, melainkan ombak yang
ke sepuluh. Di beberapa tempat, ombak kelima lebih besar dari ombak lain secara
konsisten.
·
Thole,
Thole Pin = Pasak dari kayu atau besi yang disisipkan pada bibir perahu dayung
yang tidak memiliki penopang atau pengunci dayung.
·
Three
Sheets in the Wind = Sebutan bagi seseorang yang berada di bawah pengaruh
minuman keras. Atau untuk kapal yang melaju sempoyongan seperti orang mabuk.
·
Ticket =
Bahasa percakapan sehari-hari untuk menyebut sertifikat kompetensi. Umumnya
dianggap sebagai nama yang meremehkan, tetapi dengan pengucapan yang tepat akan
menunjukkan istilah ini dengan baik.
·
Time
charter = Penyewaan kapal untuk periode waktu tertentu. Pemilik kapal
menyediakan awak kapal, perlengkapan, dan persediaan yang diperlukan untuk
proses pengangkutan kargo selama kapal dalam perjalanan. Pihak penyewa wajib
membayar biaya pergudangan dan biaya perjalanan termasuk biaya tol kanal dan
bea pelabuhan.
·
Tom Cox’s
Traverse = Pekerjaan yang diselesaikan oleh seseorang yang biasanya tidak
melakukan apapun.
·
Ton-miles
= Ukuran untuk berat kapal tanker. Merupakan berat ton suatu kapal yang
dikalikan dengan jarak tempuh.
·
Touch and
Go = Menyentuh daratan dengan keadaan seimbang selama beberapa saat kemudian kembali
melanjutkan perjalanan.
·
Trice =
Mengangkat dengan menurunkan tali yang terpusat pada suatu tiang atau berkas
ikatan.
·
Trick =
Sebutan bagi tugas yang berhubungan dengan navigasi kapal, khususnya pada
kemudi.
·
Turn =
Mengikatkan/memutarkan tali pada paku atau pin.
·
Turn up =
Menguatkan ikatan tali dengan memutarkannya pada sekeliling paku.
U. =
Uniform
·
ULCC =
Ultra Large Crude Carrier (pembawa minyak mentah ekstra besar). Kapal tanker
laut dengan berat mati lebih dari 320.000dwt, dan didesain untuk dapat membawa
kargo berupa minyak mentah.
·
Under
Foot = Sebutan bagi jangkar yang sedang berada di bawah kapal, dan kabelnya
kadang naik turun.
·
Under Way
= Tidak tertambat pada dermaga atau daratan dengan cara apapun. Biasa diartikan
sebagai bergerak melaju pada perairan/laut.
·
Unmoor =
Melepas ikatan tambatan kapal pada suatu pelampung atau dermaga. Membongkar satu
jangkar saat sedang bersauh dengan dua jangkar. Melepas satu ikatan tambatan
saat sedang bertambat dengan dua kabel.
·
Unship =
Menurunkan sesuatu dari kapal. Memindahkan sesuatu dari tempatnya.
·
Up and
Down = Sebutan bagi kabel yang terjulur tegang secara vertikal dari jangkar ke
lubang rantai jangkar.
V. =
Victor
·
Van =
Kapal utama yang memimpin beberapa rombongan kapal lainnya.
·
Venture =
Sebuah perusahaan yang menanggung resiko kerugian atas kehilangan sesuatu.
·
Vessel =
Istilah lain untuk kapal yang sering digunakan dalam navigasi.
·
Vigia =
Laporan akan adanya bahaya terhadap navigasi kapal namun belum diteliti
kebenarannya.
·
Vise =
Pengesahan atas sebuah dokumen yang telah diperiksa keabsahannya oleh pihak
yang berwenang.
·
VLCC =
Very Large Crude Carrier. Istilah untuk kapal pengangkut minyak mentah yang
berukuran sangat besar, biasanya memiliki bobot mati antara 200.000 sampai
320.000 ton.
·
Voyage
charter = Kontrak mengenai biaya sewa kapal berdasarkan kapasitas kapal untuk
membawa kargo pada satu kali atau lebih perjalanan. Dalam kontrak sewa seperti
ini, pemilik kapal membayar semua biaya operasi kapal, termasuk bea
pergudangan, kanal, dan pelabuhan, biaya pengemudi, bongkar-muat, dan agensi
kapal. Sedangkan biaya pemeliharaan kargo dibayar oleh pihak yang ditetapkan pada
saat perjanjian. Muatan kapal dibayar per unit kargo, misalnya ton, atau
tergantung satuan yang telah disetujui.
W. =
Whisky
·
Wake =
Aliran air yang tiba-tiba mundur dari kapal yang bergerak. Aliran mundur ini
disebabkan oleh gerakan kapal membelah air sehingga air akan bergerak mengisi kekosongan
yang diakibatkannya.
·
Warming
the Bell = Membunyikan lonceng delapan kali sebelum dan sesudah waktu tertentu.
·
Warp = 1.
benang melintang pada kanvas atau kain; 2. tambang kapal yang digunakan saat
berbelok, biasanya berupa tali yang lebih kecil dari kabel; 3. tali jangkar; 4.
tali penambat
·
Wash = 1.
aliran air yang memecah saat dilewati lambung kapal; 2. aliran air yang
terganggu oleh baling-baling kapal; 3. belati pada dayung.
·
Washing
Down = Sebutan bagi kapal yang mendekati dan membasahi dermaga dan langsung
menjauh melalui jalan keluar pelabuhan.
·
Watch
Bell = Lonceng yang dibunyikan setiap setengah jam untuk penanda waktu.
·
Water
Breaker = Tong kecil untuk membawa air minum ke atas kapal.
·
Waveson =
Barang-barang yang mengapung di permukaan laut setelah terjadi kecelakan kapal.
·
Way =
Kelembaman kapal saat bergerak di air.
·
Way
Enough = Perintah yang diberikan kepada awak kapal saat berada pada perahu
dayung, yang menyatakan bahwa perahu tersebut dapat berjalan mulus, dan agar
dayung diletakkan di dalam perahu.
·
Weather
Board = Bagian kapal yang menghadapi arah angin.
·
Well
Found = Kondisi kapal saat diperbaiki, disimpan atau saat dicat.
·
Wetted
Surface = Lubang pada permukaan luar kapal yang berhubungan langsung dengan air
saat di laut.
·
Wharfinger
= Seseorang yang memiliki atau mengatur dermaga.
·
Where
Away? = Laporan yang diberikan kepada seseorang perihal arah terhadap suatu
obyek secara tepat yang telah diteliti sebelumnya.
·
Whistling
for Wind = Anekdot dari tradisi lama bahwa meniup peluit akan menyebabkan angin
berhembus lebih kencang.
·
Whistling
Psalms to the Taffrail = Istilah pelayaran yang berarti saran yang baik namun
tidak dilaksanakan.
·
White
Horses = Gelombang yang bergerak sangat cepat dengan buih-buih udara yang
berwarna putih.
·
Wholesome
= Biasa dikatakan bila kondisi kapal sangat baik meskipun berada dalam cuaca
yang buruk.
·
Wind Dog
= Pelangi yang tidak sempurna, atau bagian dari pelangi yang mengindikasikan
akan adanya badai.
·
Winding =
Memutar kapal dari ujung ke ujung diantara pelampung atau sepanjang dermaga.
·
Without
Prejudice = Kata yang biasa digunakan saat sebuah pernyataan, komentar atau
aksi tidak dilakukan sebagai perwujudan sebuah persetujuan atau
ketidaksetujuan, atau mengakibatkan suatu hal dalam sebuah perselisihan, atau
di bawah pertimbangan.
·
Wrack =
Hantaman gelombang yang menghancurkan. 2. Rumput laut yang terdampar di pantai.
Y. =
Yankee
·
Yard Arm
= Bagian dari pengangkut yang berada diantara bagian pengangkat dan bagian luar
dari pengangkut.
·
Yaw =
Penyimpangan dari jurusan lurus.
Source: http://indonesiaassociate.com/kamus-shiping-pelayaran-indonesia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar